Pages

Kamis, 03 November 2011

ISD BAB VI

  • Elite
Dalam pengertian umum elite itu menunjuk sekelompok orang yang dalam masyarakat menempatikedudukan tinggi. Dalam arti yang lebih khusus dapat diartikan sekelompok orang terkemuka di bidang-bidang tertentu dan khususnya golongan kecil yang memegang kekuasaan.

  • Fungsi Elite Dalam Memegang Strategi
Ada dua kecendrungan yang digunakan untuk menentukan elite dalam masyarakat yaitu pertama menitikberatkan pada fungsi sosial dan kedua pertimbangan-pertimbangan yang bersifat moral. Kedua kecendrungan ini melahirkan dua macam elite yaitu :

1.      Elite Internal           : Menyangkut integrasi moral serta solidaritas sosial yang berhubungan dengan perasaan tertentu pada saat tertentu, sopan santun dan keadaan jiwa.
2.      Elite Eksternal         : Meliputi pencapaian tujuan dan adaptasi, berhubungan dengan problem-problem yang memperlihatkan sifat keras, masyarakat lain atau masa depan tertentu.
Golongan  elite sebagai minoritas sering ditampakan dengan beberapa bentuk penampilan antara lain :
·        Elite menduduki posisi yang penting dan cenderung merupakan poros kehidupan masyarakat secara keseluruhan.
·        Faktor utama yang menentukan kedudukan mereka adalah keunggulan dan keberhasilan yang dilandasi oleh kemampuan baik yang bersifat fisik maupun psikhis, material maupun inmaterial, merupakan heriditer maupun pencapaian.
·        Dalam hal tanggung jawab, mereka memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan masyarakat lain.
·        Ciri-ciri lain merupakan konsekuensi logis dari ketiga hal di atas adalah imbalan yang lebih besar yang diperoleh atas pekerjaan dan usahanya.

Didalam masyarakat yang heterogen tentu banyak nilai yang dijadikan panutan karena setiap golongan memiliki kebiasaan atau kebudayaan sendiri-sendiri. Disini para elite harus dapat menyesuaikan dirinya dalam menguasai masyarakat. Dalam hal ini mereka harus memperhatikan beberapa fungsi dalam pengembilan kebijaksanaan untuk memimpin masyarakatnya agar terjadi kerjasama yang baik dalam mencapai tujuan. Yang harus diperhatikan adalah tujuan yang hendak dicapai, penyesuaian diri, integrasi, memperhatikan serta memelihara norma yang berlaku dan memperhatikan kepemimpinan.
Sehubung dengan fungsi yang harus dijalankan oleh elite dalam memegang kepemimpinan ia harus dapat mengatur strategi yang tepat. Dalam hal ini dapat dibedakan elite pemegang strategi dalam garis besar sebagai berikut :
1.      Elite Politik ( Elite yang berkuasa dalam mecapai tujuan. Yang paling berkuasa biasanya disebut elite segala elite. )
2.      Elite Ekonomi, Militer, Diplomatik dan Cendekiawan ( Mereka yang berkuasa atau mempunyai pengaruh dalam bidang itu. )
3.      Elite Agama, Filsuf, Pendidikan dan Pemuka Masyarakat.
4.      Elite yang dapat memberikan kebutuhan psikologis seperti : artis, penulis, tokoh film, olahragawan, dll.
Elite dari segala elite dapatlah menjalankan fungsinya dengan mengajak para elite pemegang strategi di tiap bidangnya untuk bekerja sebaik-baiknya.

  • Massa
Istilah massa dipergunakan untuk menunjukan suatu pengelompokan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain.
Massa diwakili oleh orang-orang yang berperan serta dalam perilaku masal sepertinya mereka yang terbangkitkan minatnya oleh beberapa peristiwa nasional, mereka yang tersebar di berbagai tempat, mereka yang tertarik pada suatu peristiwa-peristiwa, atau mereka yang berperan dalam suatu migrasi dalm arti luas.

·        Opini
Elite adalah sekumpulan orang yang terkemuka dibidang tertentu dan hanya orang-orang terpandang yang memegang kekuasaan atas bidang-bidang tersebut. Massa adalah sekumpulan orang-orang yang berperan terhadap peristiwa masal.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Cute Pink Kaoani